Selasa, 15 Juni 2010

Majas dan jenis-jenisnya

Assalamu'alaikum.
Wah udah lama nggak ngisi blog, rada males nih. Akhirnya bikin postingan juga setelah berapa bulan lamanya, padahal blog baru harusnya rajin diisi yah?

Oke langsung ke intinya :
Majas banyak macamnya ada majas perbandingan, penegasan, penekanan , dan sindiran.

Majas perbandingan :

Sebenarnya ada banyak, tapi yang sering muncul hanya beberapa :
Alegori: Menyatakan dengan cara lain, melalui kiasan atau penggambaran.
contoh:   
Perjalanan hidup manusia seperti sungai yang mengalir menyusuri tebing-tebing, yang kadang-kadang sulit ditebak kedalamannya, yang rela menerima segala sampah, dan yang pada akhirnya berhenti ketika bertemu dengan laut.
Metafora: Pengungkapan berupa perbandingan analogis dengan menghilangkan kata seperti layaknya, bagaikan, dll.
contoh:
Engkau belahan jantung hatiku sayangku.
Raja siang keluar dari ufuk timur.
Jonathan adalah bintang kelas dunia.
Sinestesia: Majas yang berupa suatu ungkapan rasa dari suatu indra yang dicurahkan lewat ungkapan rasa indra lainnya.
contoh:
Betapa sedap memandang gadis cantik yang selesai berdandan.
Suaranya terang sekali.
Rupanya manis.
Namanya harum.
Litotes: Ungkapan berupa penurunan kualitas suatu fakta dengan tujuan merendahkan diri.
contoh: 
Akan kutunggu kehadiranmu di bilikku yang kumuh di desa 
Wanita itu parasnya tidak jelek
Hiperbola: Pengungkapan yang melebih-lebihkan kenyataan
contoh:
Suara keras menggelegar membelah bumi.
Perasaanku teriris-iris mendengar kisahnya.
Personifikasi: Pengungkapan dengan menggunakan perilaku manusia yang diberikan kepada sesuatu yang bukan manusia.
contoh:
Saat ku melihat rembulan, dia seperti tersenyum kepadaku seakan-akan aku merayunya. 
Mentari pagi hari membangunkan isi bumi.

Majas sindiran:

Ironi: Sindiran dengan menyembunyikan fakta yang sebenarnya dan mengatakan kebalikan dari fakta tersebut.
contoh:
Kota Bandung sangatlah indah dengan sampah-sampahnya
Masih banyak majas lainnya, Lengkapnya lihat ke mr. Wikipedia, atau tanya ke om google.
Thanks.

15 komentar:

  1. Wah bagus juga nih, Makasih infonya

    BalasHapus
  2. B49u5 b4n9et bu4t tu945 5ek0l4h

    BalasHapus
  3. Makasih banyak buat infonya :D

    BalasHapus
  4. membantu un gw

    BalasHapus
  5. Ty min , tolong di jelaskan sedikit pembagiannya , majas pertentangannya (?) ><

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  7. Bedanya Metafora dengan majas Alegori itu apa ya min

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Bagus nggak tulisannya, Komentar diwajibkan ! (he..he..he..)