Selasa, 06 September 2011

Fakta tentang CFC

Semua orang pasti udah tau, apa itu freon dan CFC. CFC alias Chlorofluorocarbon adalah senyawa organik yang mengandung karbon , klorin , dan fluor , diproduksi sebagai turunan dari metana dan etana. CFC juga biasa dikenal dengan nama dagang Freon . Yang paling umum ditemukan adalah dichlorodifluoromethane (R-12 atau Freon-12). CFC banyak telah banyak digunakan sebagai pendingin , propelan (dalam semprotan aerosol), dan pelarut. Dan yang paling utama CFC adalah senyawa utama yang berkontribusi merusak ozon sampai saat ini.
CFC dan HCFC

Orang-orang membicarakan tentang bahaya ozon dan blah, blah , blah . . Tapi orang banyak nggak tahu apa bedanya CFC sama Freon, kenapa CFC berbahaya, dan penjelasan-penjelasan lain secara sains. Jadi biar saya terangkan semua disini secara sederhana.


Sifat kimiawi CFC umumnya toksisitas rendah (tidak beracun), reaktivitas rendah (sulit bereaksi), dan tidak mudah terbakar. Singkatnya CFC itu sangat stabil bahkan aman untuk dihirup, karena itu CFC banyak digunakan karena kestabilan yang dianggap "aman" tersebut. Tetapi ini menimbulkan masalah lain. Saking stabilnya CFC itu sehingga CFC sulit terurai.

Terus kenapa kalau sulit terurai? Mari kita baca lagi lanjutannya.
Reaksi CFC
Dibanding gas-gas lain yang dapat merusak ozon CFC itu sangat stabil, jika senyawa-senyawa lain yang naik ke atmosfer terurai karena bereaksi di lapisan troposfer. CFC karena kestabilan senyawanya bisa naik ke lapisan ozon dan bereaksi dengan ozon. Inilah sebab utama CFC menjadi senyawa yang dianggap berbahaya.

Sejak adanya Protokol Montreal pada tahun 1987 produksi CFC ditekan drastis. Pada tanggal 2 Maret 1989, 12 negara Masyarakat Eropa setuju untuk melarang produksi semua CFC pada akhir abad ini. Pada tahun 1990 diserukan penghapusan CFC di eropa pada tahun 2000. Dan tahun 2010 CFC harus benar-benar dihilangkan termasuk di negara-negara berkembang.

Tetapi efek dari pengurangan produksi CFC ini belum dapat kita rasakan sekarang. Lho kok?
CFC dan senyawa-senyawa lain bergerak ke lapisan ozon dalam waktu yang sangat lama. Jadi efek yang sekarang dirasakan itu akibat CFC yang dilepaskan 10 tahun lalu.
Ozon itu secara alami diproduksi, jadi jika kita menghentikan perusakan ozon maka lubann ozon yang ada akan sembuh sendiri. Let's save our earth!

looks like i won't update this blog anymore. Gotta see my blog here

Reference :
http://www.theozonehole.com/ozonedestruction.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Ozone_depletion
http://en.wikipedia.org/wiki/Chlorofluorocarbon

1 komentar:

Bagus nggak tulisannya, Komentar diwajibkan ! (he..he..he..)